Ikigai By Hector Garcia & Francesc Miralles

 

Mindmap


Buku ini menjelaskan tentang bagaimana cara hidup dan pemikiran orang jepang untuk dapat memiliki hidup yang bahagia dan panjang umur. Ikigai yang berarti berbahagia walaupun tetap melakukan hal sibuk.  Menurut orang jepang semua orang memiliki Ikigai atau alasan keberadaan hidup mereka.


Diagram Ikigai


Dalam melakukan Ikigai, kita harus mematuhi Sepuluh Aturan Ikigai yaitu:

  1. Terus aktif, Jangan Pensiun. Terus melakukan kegiatan yang bagi anda bernilai dan jangan pernah berhenti melakukan apa yang anda sukai.
  2. Perlahan saja. Tidak perlu tergesa-gesa untuk melakukan sesuatu. Berkualitas lebih baik dibandingkan lebih banyak.
  3. Jangan penuhi perutmu. Seperti desa Okinawa di Jepang, mereka memiliki prinsip untuk mengisi perut mereka hanya sebesar 80%. Seperti juga cerita nabi Muhammad SAW, ada seorang tabib ingin berpamitan kepada rasulullah dan bertanya apa rahasia umat beliau yang selalu terlihat sehat dan tak pernah sakit. Beliau menjawab, “Kami adalah umat yang tidak makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.”
  4. Kelilingi dirimu dengan teman baik. Bagaimana kita bisa memiliki hidup yang bermakna apabila lingkungan di sekitar kita tidak bermakna. Seperti ucapan Tony Robbins "Most people’s lives are a direct reflection of the expectations of their peer group."
  5. Bugar untuk ulang tahun yang akan datang. Sebuah studi dari kawasan zona biru (wilayah-wilayah di dunia di mana penduduknya hidup lebih lama dan sehat) menunjukan bahwa orang yang hidup lebih lama bukanlah mereka yang melakukan olahraga paling banyak. Melainkan orang yang paling banyak bergerak. 
  6. Senyum. Memiliki sikap ceria tidak ada salahnya dan itu bisa membantu kita memiliki teman baru.
  7. Berhubungan kembali dengan alam. Seperti sebuah refreshing dari kehidupan di perkotaan, karena pada dasarnya kita bagian dari alam.
  8. Bersyukurlah. Ketika kita bersyukur, kita bisa melihat bahwa hidup kita tidak seburuk yang kita bayangkan, selalu melihat segala sesuatu secara positif dan bersyukur sejenak.
  9. Hiduplah pada saat ini. Berhenti memikirkan masa lalu, dan perbaiki hal yang buruk di masa lalu di masa kini yang akan memberikan dampak yang kita inginkan di masa depan kita.
  10. Ikuti Ikigaimu. Selalu ada gairah di dalam kehidupan, tugas kita adalah selalu bergairah dengan apa yang kita suka dan menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Setelah mengetahui sepuluh aturan ikigai, kita harus melakukan segala sesuatu seperti mengalir atau Flow. Flow menurut csikzentmihalyi adalah keadaan saat seseorang begitu tertarik pada suatu aktivitas sehingga tidak ada hal lain yang tampak penting. Seperti Bruce Lee mengatakan "Be water, My Friend". Ada tujuh syarat agar kita dapat flow, yaitu:
  1. Mengetahui apa yang dilakukan 
  2. Mengetahui bagaimana melakukan
  3. Mengetahui seberapa baik anda melakukannya
  4. Mengetahui kemana harus pergi
  5. Memahami tantangan yang ada
  6. Memeahami keterampilan yang diperlukan
  7. Bebas dari gangguan
Dari tujuh syarat tersebut, ada tiga strategi untuk melakukan flow, yaitu:
  1. Pilih tugas yang sulit (tetapi jangan terlalu sulit). Mengapa demikian? Karena apabila kita mengerjakan tugas yang mudah kita akan mudah bosan, sedangkan sebaliknya apabila kita mengerjakan tugas yang terlalu sulit kita akan mudah menyerah. Mencari tugas yang sesuai dengan kemampuan diatas kita yang masih dapat kita capai agar menimbulkan rasa gairah.
  2. Miliki sasaran yang jelas dan Konkret. Kita harus selalu mengingat tujuan tanpa terobsesi dengannya.
  3. Tidak multitasking. Dikarenakan otak kita sebenarnya tidak diciptakan untuk bermultitasking, orang yang sebenernya multitasking itu tidak produktif.
Setiap orang yang memiliki Ikigai pasti mereka akan mengejar gairahnya hampir tanpa memedulikan siapapun. Hal itu disebut resiliensi, tetapi ada yang lebih kuat dari resiliensi yaitu antifragility. Dari segi makna resiliensi adalah tahan terhadap guncangan dan tetap seperti sebelumnya sedangkab antifragility berarti menjadi lebih baik. Karena ketika ada rintangan kita tidak hanya harus kuat tetapi juga harus lebih baik dari sebelumnya. Ada tiga langkah agar kita dapat menerapkan konsep antifragility, yaitu:
  1. Menghadapi redundansi. Jangan terlalu fokus dengan hanya apa yang sudah kita punya saja. Misalkan kita terlalu bergantung dengan satu income dan satu teman. Mencari income tambahan dan teman baik baru tidak ada salahnya. Seperti salah satu pepatah bisnis "Bagaimana anda mau mendapatkan hasil luar biasa apabila anda hanya melakukan hal yang sama"
  2. Bertaruhlah secara konservatif di bidang tertentu, tetapi ambil risiko kecil di tempat lain. Contohnya, Jika anda memiliki tabungan 10.000 anda bisa menginvestasikan 9.000 di reksadana atau deposito sisanya yaitu 1.000 anda bisa investasikan di sepuluh bisnis startup. Kita harus berani mengambil risiko tetapi yang masih mampu yang kita tolerir. Seperti hukum saham "High Risk, High Return". Bagaimana kita mau mendapatkan return kalo kita saja tidak ada resiko yang diambil.
  3. Singkirkan satu-persatu hal yang membuat anda rapuh. Seperti buku Atomic Habits, dikatakan jika ingin menghilangkan kebiasaa buruk dengan membuatnya tidak terlihat. Hal-hal yang rapuh tersebut kita buat tiada. Seperti Adriano Qalbi katakan, "Ganti teman saja". Tetapi jika kita memiliki sikap antifragility kesalahan yang dilakukan justru akan membuat diri kita kedepannya harus lebih baik. Sehingga tidak salah melakukakan kesalahan karena memang kita tidak sempurna, tetapi yang membuat berbeda adalah kita harus lebih baik kedepannya.

Komentar

Postingan Populer